Hari ini (12/11), dua warrior FCTC asal Jember, Widya Nindy Nastiti dan Jeihany Angrillamementaskan wayang FCTC bertema Anak Indonesia Sehat Tanpa Rokok, di area CFD alun-alun kota Jember.

Pementasan wayang sekaligus menjadi aksi warrior kota Jember untuk menyambut kedatangan Wayang FCTC. Kota Jember menjadi kota ketujuh yang didatangi Wayang FCTC dan Naskah Deklarasi D10M dalam rangkaian “Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota”. Sebelum Jember, Wayang FCTC sudah melalui kota Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Pekalongan, Semarang, dan Yogyakarta.

Warrior FCTC sendiri adalah 40 anak muda dari 25 kota di Indonesia yang berkolaborasi menolak hegemoni industri rokok dan menolak menjadi target pemasaran industri rokok. Mereka telah mengikuti Konferensi Youth Summit di Bogor pada Mei lalu dan mendeklarasikan Suara Anak Muda untuk FCTC. Sejak Agustus lalu, Wayang FCTC yang menjadi simbol FCTC Warrior, diperjalankan ke 25 kota untuk mengajak lebih banyak anak muda bersuara menolak menjadi target pemasaran industri rokok.

Selain mementaskan Wayang FCTC, Nindy dan Jeje juga membacakan naskah deklarasi D10M yang berisi suara anak muda menolak hegemoni industri rokok dan menolak menjadi target pemasaran industri rokok.

“Deklarasi ini didorong keprihatinan kami terhadap tingginya prevalensi perokok anak di Indonesia. Data Global Youth Tobacco Survey {GYTS} 2014 menunjukkan ada 20,3% remaja usia 13-15 tahun merokok. Dan menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, dalam 10 tahun terakhir perokok pemula remaja usia 10 - 14 tahun naik 2 kali lipatdari 9,5% pada 2001 menjadi 18% pada 2013,”tegas mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember ini.

Iyet Kowi